Lulus SMP bingung milih SMA/SMK ?



Salam semangat semuanya.. Sebelumnya saya ucapkan selamat untuk kalian yang telah lulus menempuh pendidikan SMP. Apakah kalian sudah bisa menentukan jurusan yang akan kalian ambil? Sekolah mana yang akan kalian tuju? Mau masuk SMK/SMA? Nah. disini saya akan membagikan tips untuk kalian yang baru lulus SMP/MTS dan bingung mau lanjut kemana. Belajar dari pengalaman saya sebelumnya, beberapa tips ini bisa kalian gunakan.




Oke, teman-teman mari kita mulai.  
  • Bandingkan Minat dan bakat kalian ada di SMA atau SMK
 Ingat teman ini adalah hal yang penting, pertimbangkanlah baik-baik apa yang akan kalian pilih? SMA/SMK. Sebenernya SMA/SMK itu sama ajasi.. Semua itu tergantung ke kalian juga. Menurut saya jika kalian fokus kepada PTN setelah lulus nanti maka pilihlah SMA namun jika kalian masih bingung atau gatau kuliah atau engga silahkan pilih SMK dan ambillah jurusan yang sesuai minat dan bakat kalian. Ambillah jurusan yang akan membuat kalian nyaman dan semangat selama proses pembelajaran. Dalam pemilihan SMA/SMK sesuaikan juga dengan kemampuan yang kalian miliki, jika kalian bisa masuk ke SMA/SMK favorit masuklah. Namun jika kalian tidak masuk maka tetaplah semangat dan jangan berputus asa ya.
  • Sesuaikan Jurusan dengan Minat dan Bakatmu 
IPA/IPS? Nah bagi kalian yang memilih untuk melanjutkan ke SMA pasti bingung nih mau IPA/IPS. Cara menentukan jurusan apa yang akan kalian ambil tentukan dengan cara sesuaikan jurusan itu dengan minat dan bakat kalian. Kenapasi harus sesuai minat dan bakat? ini semua karena mengantisipasi nantinya ada rasa PENYESALAN karena kalian SALAH JURUSAN. Salah jurusan ini juga akan berdampak negatif terhadap perkembangan belajar  kalian.
  • Bicarakan Keinginanmu dengan Orang Tua
Maksudnya apasi? Maksudnya adalah kalian harus kompromi dulu sama orang tua kalian, kenapa harus kompromi? Karena dalam mengambil suatu keputusan kalian tidak bisa sertamerta menuruti keinginan kalian sendiri. Setelah kalian menentukan kemana akan SMA/SMK dan jurusan apa yang akan dipilih silahkan konsultasi/kompromi dengan orang tua.
  • Coba Tanyakan Beberapa Hal ini Pada Diri Sendiri
Untuk memantapkan diri agar tidak salah pilih coba tanyakan ini pada dirimu sendiri dan temukan jawabannya.
 1. Apa Tujuan Kalian Setelah Lulus?
(Apakah kamu ingin bekerja? atau Kuliah?) Jika ingin bekerja maka pilihlah SMK jika ingin kuliah maka pilihlah SMA.
2. Apa Yang Kalian Suka?
(Praktik/Teori) Jika kalian lebih suka praktik pilihlah SMK jika kalian lebih suka teori pilihlah SMA.
3. Apa Ada Biaya Untuk Kuliah Nanti?
Jika kalian adalah berasal dari keluarga yang minim dalam pendapatan ekonomi dan ingin segera bekerja maka pilihlah SMK dan ambillah jurusan sesuai bakat kalian.
 Satu hal lagi yang paling penting juga yaitu Jangan Ikut-Ikutan temen ya... Ketika kalian ikut-ikutan dan ujung-ujungnya kalian ganyaman, gimana? Bakat kalian pasti tidak sama dengan teman kalian kan? Mau pindah jurusan? Mau ulangi semua dari nol?
Nah.. Selamat mencoba ya..













Komentar